Wisata Indah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Cultureindo.com – Waduk Gajah Mungkur Wonogiri merupakan salah satu waduk terbesar di Jawa Tengah, Waduk yang pada masa pembuatanya ini menenggelamkan lebih dari 3 kecamatan, Waduk Gajah Mungkur saat ini diapit 7 kecamatan diantaranya Wuryantoro, Baturetno, Ngadirojo, Eromoko, Ngiriwoyo, Nguntoronadi dan Wonogiri.

Luas waduk Gajah Mungkur sekitar 8800 Hektar dan mampu menampung air curah hujan sekitar 735 Juta M3. Air yang masuk di waduk digunakan untuk irigasi pertanian di saat musim kemarao, Selain itu juga digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ).

Di sisi lain Waduk Gajah Mungkur disaat air surut pada musim kemarao, Akan bermunculan makam-makam kuno, Bekas pondasi rumah, Sumur dan Jembatan. karena sebelumnya waduh tersebut memang pemukiman masyarakat Wonogiri yang kemudian transmigrasi massal karena akan digunakan untuk pembangunan waduk.

Seiring berjalanya waktu, Saat ini Waduk Gajah Mungkur merukapak Destinasi wisata yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Disisi barat sudah dibangun obyek wisata WGM dengan fasilitas seperti Mainan anak-anak, WaterBoom, Sky Air, Kebun Binatang dan beberapa hiburan lainya.

Yang paling mengasyikan saat berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur adalah oleh-oleh ikan air tawar yang banyak sekali disajikan oleh para pedagan di sekitaran obyek wisata seperti, Nila, Wadher, udang dan beberapa jenis ikan lainya.

Obyek wisata lainya adalah melihat bendungan kincir PLTA yang cukup indah dan rame dikunjungi para wisatawan. Apalagi saat pintu waduk dibuka banyak sekali para wisatawan yang mengabadikan moment tersebut.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply