Nasi Langi Khas Kota Solo

Cultureindonesia.com – Nasi Langi adalah salah satu masakan budaya yang dimiliki Indonesia. Nasi langi berasal dari kota Solo yang saat ini jarang kita jumpai, Halnya saja jika kita ingin mencicipi nasi Langi kita bisa melakukan pemesanan di beberapa rumah makam atao restoran yang berada di kota Solo.

Apa sebenarnya Nasi Langi itu ? Nasi Langi adalah masakan nasi kuning dengan kucuran bumbu kunir kuning dan santan yang akan membuat warna nasi menjadi kuning dan menambah rasa gurih lezat pada nasi tersebut. Biasanya penyajian Nasi Langi ini dibuat secara berlapis yaitu nasi putih dibawah dan nasi kuning diatas dan dibentuk seperti tumpeng

Sedangkan kelengkapan lain dari Nasi Langi ini adalah sayur sambal goreng ati, Kacang Panjang, Sawi, Kering tempe, Mentimun, Ayam Goreng dan beberapa racikan lainya yang ditata secara menarik untuk di hidangkan.

Biasanya selain untuk makanan biasa, Nasi Langi ini dipesan secara khusus untuk perayaaan acara seperti ulang tahun, peresmian, atao perayaan pada acara adat laninya. Sehingga Masyarakat di kota Solo masih melestarikan jenis masakan ini.

Sedangkan Nasi Langi yang untuk hidangan biasa cara penyajianya pun cukup berbeda, sedangkan lauk-pauk juga tidak sekomplit nasi langi yang digunakan untuk syukuran. namun dari segi rasa juga tak kalah enaknya.

Rate this article!
Nasi Langi Khas Kota Solo,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Tari Bedhaya Ketawang, Tari Jawa Yang Mengandung Mistis - Cultureindo.com4 months ago

    […] Ketawang merupakan salah satu tarian yang dimiliki oleh masyarakat Jawa Tengah pada khususnya Kraton Surakarta. Tarian ini biasanya diperankan oleh 9 orang penari yang berdandan layaknya bidadari. Maksud dari 9 […]

    Reply

Leave a Reply